Rabu, 20 Februari 2013


Installasi Virtual Machine 
                           (VMware workstation 7)



Di dalam dunia komputer dikenal dengan apa yang dinamakan Virtual Machine ataupun Virtual Komputer. Virtual Machine sendiri adalah sebuah software aplikasi  yang berfungsi untuk memungkinkan User menciptakan virtual komputer di dalam komputernya sendiri, artinya yaitu di dalam sebuah komputer bisa terdapat komputer lain dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi User dapat melakukan instalasi lebih dari satu sistem operasi lain di dalam komputer tanpa mengganggu sistem operasi asli di dalam komputer tersebut.
Adapun macam-macam jenis atau varian dari Virtual Machine yang ada di pasaran saat ini antara lain yaitu :

1.Microsoft Virtual PC
2.Virtual Box
3.Vmware

Dari macam-macam varian Virtual Machine di atas, masing-masing varian mempunyai versinya sendiri-sendiri. Dalam tulisan kali ini akan di berikan sebuah tata cara tentang bagaimana langkah-langkah installasi sebuah virtual Machine pada sebuah komputer. Virtual Machine yang akan digunakan adalah Vmware Workstation 7 atau Vmware versi 7.

Sebelum melakukan instalasi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, antara lain spesifikasi yang harus digunakan komputer. Spesifikasi yang perlu di perhatikan adalah, sebagai berikut :

Untuk sistem operasi Windows XP (32-bit)
Kapasitas Minimal RAM
768 MB
Kecepatan Minimal Processor
800MHz
Kapasitas Minimal Space Harddisk
5GB

Untuk sistem operasi Windows 7 (32-bit /64-bit)
Kapasitas Minimal RAM
1024MB / 1GB
Kecepatan Minimal Processor
800MHz
Kapasitas Minimal Space Harddisk
5GB

Setelah memperhatikan faktor diatas maka langsung install aplikasi ini di dalam komputer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Persiapkan aplikasi Vmware 7 yang akan di install, kemudian double klik icon yang ber- extensi  “.exe”.

2. Setelah dilakukan hal tersebut maka akan muncul jendela proses penginstallan.


3. Kemudian akan muncul jendela selanjutnya, yaitu untuk memandu kita dalam proses instalasi seperti aplikasi pada umumnya, klik next untuk melanjutkan.


4. Pada jendela selanjutnya akan muncul pilihan installasi. Pilihan pertama yaitu “Typical”, artinya semua fitur akan terinstall lengkap. Kedua yaitu “Custom”, artinya kita hanya memilih beberapa fitur saja yang akan kita install. Kita pilih Typical.


5. Selanjutnya akan tampil pemilihan penempatan atau peletakan file-file aplikasi ini jika sudah terinstall. Kita biarkan default atau ganti sesuai selera, kemudian pilih Next.


6.  Selanjutnya akan tampil jendela penempatan atau shortcuts tampilan icon aplikasi ini jika sudah terinstall. Setelah di ceklist kemudian pilih Next untuk melanjutkan.


7. Setelah semua konfigurasi installasi selesai, kilik Continue untuk melakukan proses installasi VMWare 7.


8. Selanjutnya akan di tampilkan jendela proses installasi, dalam proses ini tunggu sebentar hingga selesai.




9. Setelah proses selesai, maka pada tahap selanjutnya akan di tampilkan jendela pengisian Serial  Number atau Key. Hal ini ada karena aplikasi tidak berjeniskan open source sehingga membutuhkan lisensi. Isikankan Serial number yang telah disertakan di dalam aplikasi    Vmware. Isikan pula User Name dan Company (bebas).


Isikan salah satu Serial Number dibawah ini kedalam kolom Serial Number.


Tampilan jendela setelah di isi.


10. Setelah jendela registrasi diisi klik Enter untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
11. Selanjutnya akan tampil jendela yang menyatakan bahwa proses installasi telah selesai. Dalam jendela ini pilih Restart Now agar komputer merestar ulang sistem dan aplikasi siap digunakan.


12.  Vmware siap digunakan, selamat mencoba........




NB : Nantikan Postingan selanjutnya..... :D


#FROM ENGINEER TO BEGINNER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar